5 Makanan Favorite di Batam


Halo sobat Suka Suka makan
Nah kebetulan aku lagi di Batam, jadi for your information barang kali ada yang mau menghabiskan akhir tahunnya ke Batam, aku kasih tau makanan-makanan yang wajib di coba ketika kamu ke Batam.

1. Mie Tarempa
Makanan khas Batam yang pertama adalah mie tarempa. Seperti mie pada umumnya, mie ini terbuat dari bahan adonan telur dan tepung terigu dengan sedikit campuran bumbu dan kuah sebagai penyajiannya. Nah menurut aku ada bedanya antara mie tarempa dengan mie pada umumnya.
Perbedaan mie tarempa dengan mie lainnya terletak pada isiannya Jika mie pada umumnya diisi dengan ayam, maka mie tarempa sama sekali tidak memilih ayam. Isian yang dipilih adalah daging sapi atau bahkan siput. Siput sendiri juga merupakan bahan makanan khas batam karena batam kaya akan makanan lautnya. Ada dua varian menikmati mie tarempa ini yang bisa berupa mie goreng maupun mie kuah. Mie ini merupakan makanan khas Batam yang sudah populer di dunia
Mie tarempa ini sekilas dari bentuk seperti kwetiau dengan rempah rempah yang khas. Bagi kamu yang suka pedas jadi di restorannya itu setiap meja disediakan cabai rawit jadi bisa nambahin tingkatan pedas sesuai selera kamu
Harga satu porsinya yaitu Rp. 12.000.

2. Otak-otak Batam
Otak-otak merupakan salah satu saran dari aku yang wajib kamu coba, karena aku aja ketagihan kalo udah ke Batam hihi. Otak-otak ini terbuat dari ikan yang masih segar disertai dengan bumbu-bumbu alami yang benar-benar nikmat sehingga membuat rasa otak-otak ini menjadi istimewa, dan yang lebih bikin makanan ini unik yaitu dari bungkusan otak-otaknya, yaitu dengan menggunakan daun kelapa. Isian dari otak-otak ini yaitu sotong yang memiliki ras agurih istimewa. Bagi yang suka pedas, di Batam ada juga varian rasa otak-otak pedas yang menggugah selera.
FYI makanan satu ini ga bakal puas kalau kalian cuma makan satu 
Satunya di bandrol dengan harga Rp. 2000 - Rp. 3000

3. Mie Lendir
Makanan khas dari Batam yang berikutnya adalah mie lendir. Dari denger nama nya mungkin kalian udah ngerasa aneh.tapi jangan salah gais rasanya itu ga aneh kok Alasan utama mengapa dinamai mie lendir adalah karena mie ini memiliki kuah yang diberi tepung kanji, sehingga teksturnya seperti lendir. Jadi sekilas menurutku itu kayak mie koclok. Kuahnya meskipun bening namun kental. Jika kamu penasaran, kamu wajib mencoba kuliner unik asli Batam satu ini.
Satu porsi nya di bandrol dengan harga Rp. 10.000 – Rp. 20.000

4. Bingka Bakar
Untuk kalian yang butuh oleh-oleh yang paling cocok adalah bingka bakar. Bingka ini terbuat dari bahan dasar berupa tepung terigu, gula, telur dan santan yang dimasak menggunakan oven hingga matang. Nah rasa yang paling banyak di minati yaitu pandan, baik. Begitu pertama kali nyobain beuuhhh First impression sama makanan satu ini tuh karena halus banget begitu di mulut, kayak meleleh tapi ga meleleh gimana sih haha. Pokoknya kamu wajib nyobain ini dan pastinya bakal kayak aku juga.
Harga satuannya yaitu Rp. 28.000

5. Es Teler Abie 
Setelah kita kenyang pasti butuh minum dong yang seger-seger. Aku rekomendasiin kamu cobain Es Teler Abie yang jelas-jelas beda banget rasanya sama es teler yang lainnya bener deh ini aku jujur sekaleeee. Dari awal nyobain ini bikin aku buat balik lagi balik lagi nyobain varian rasa yang lainnya. Nah es teler ini variannya banyak loh, yaitu ada varian rasa oreo yang emang lagi banyak banget makanan dan minuman yang pake oreo.
Harga satu porsi es teler original yaitu mulai dari Rp. 10.000


Nah mungkin segitu beberapa referensi kuliner dan oleh-oleh yang wajib di cobain dan di bawa dari Batam. Semoga bermanfaat ya gaiss
-PYD-

Share on Google Plus

About Suka Suka

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar