Cara merubah arus AC ke DC di Vario 110 karbu tahun 2010 modal solasi doang



Selamat malam sobat suka-suka, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang otomotif, mungkin ngga begitu penting, anak smp juga bisa kali ya, yaitu merubah arus AC pada motor keluaran lama menjadi arus DC, dalam artikel ini saya menggunakan motor Honda Vario 110 CW tahun 2010 karburator sebagai media nya.

Saat ini pada umumnya sepeda motor masih menggunakan kelistrikan AC jadi mau tidak mau kita harus modif wiringnya. sebernya banyak cara untuk merubahnya, salah satunya adalah dengan cara merubah kabel lampu dari spull ke baterai/aki. Berikut penjelasanya....

 Yang perlu kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahan dalam mengubah kelistrikan Ac ke DC adalah sebagai berikut :
Test pen dc.
Isolasi yang kuat.  
Pisau Cutter.
Kabel-kabel sesuai kebutuhan.




Setelah menyiapkan alat-alat tersebut, kita selanjutnya memeriksa supply listrik dan menentukan kabel mana dan warna apa yang mengisi jalur lampu depan. Untuk mencari tahu kabel tersebut sobat dapat membuka switch yang berperan sebagai sakelar untuk menghidupkan lampu kecil [low beam] dan lampu high beam [high beam].

Pada umumnya untuk sepeda motor honda berwarna kuning, sepeda motor yamaha berwarna kuning dan suzuki biasanya berwarna kuning dan putih. Namun untuk lebih pastinya, sobat disarankan untuk konsultasi dengan bengkel variasi atau bengkel modifikasi yang sudah berpengalaman.
Setelah kita sudah meyakini dan menandai kabel mana yang menyuplai listrik untuk lampu depan sepeda motor, selanjutnya kita harus mencari tahu socket yang menghubungkan dari sisi bawah ke lampu besar.
Setelah menemukan socket yang mensuplai listrik ke lampu besar, mulai lah merubah arus AC ke DC pada tahap ini. Kabel yang sebelumnya sudah ditandai tadi dapat dilepas dari socket tersebut pada bagian sekunnya dengan dicongkel menggunakan obeng min. Setelah sekun berhasil terlepas, segera sambungkan kabel yang yang menuju sakelar on/off lampu ke aki dan dapat juga dijumper ke kunci kontak.
Lakukan dengan teliti dan jangan sampai salah dalam menyambung kabel-kabel tersebut karena pada umumnya ada dua kabel dan pilih yang BIASANYA berwarna hitam untuk sepeda motor honda, kuning dengan garis oranye untuk sepeda motor suzuki dan merah bergaris hitam untuk sepeda motor yamaha.
Setelah langkah-langkah diatas selesai dilakukan, sobat dapat mulai memasang kiprok (bila perlu) dan kabel yang sebelumnya disambungkan jangan lupa untuk diisolasi untuk menghindari korsleting.
Selanjutnya sobat harus memeriksa voltase yang dihasilkan apabila ketika lampu led dinyalakan apabila diatas 12.4V maka bisa dipastikan aki sepeda motor  akan awet dan tidak akan tekor.
selamat mencoba gan...

Share on Google Plus

About Suka Suka

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar