Cara merubah arus AC ke DC di Vario 110 karbu
tahun 2010 modal solasi doang
Selamat malam sobat suka-suka, dalam artikel
kali ini saya akan membahas tentang otomotif, mungkin ngga begitu penting, anak
smp juga bisa kali ya, yaitu merubah arus AC pada motor keluaran lama menjadi
arus DC, dalam artikel ini saya menggunakan motor Honda Vario 110 CW tahun 2010
karburator sebagai media nya.
Saat ini pada umumnya sepeda motor masih menggunakan kelistrikan AC jadi mau tidak mau kita harus modif wiringnya. sebernya banyak cara untuk merubahnya, salah satunya adalah dengan cara merubah kabel lampu dari spull ke baterai/aki. Berikut penjelasanya....
Yang perlu kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahan dalam mengubah kelistrikan Ac ke DC adalah sebagai berikut :
• Test pen dc.
• Isolasi yang kuat.
• Pisau Cutter.
• Kabel-kabel sesuai kebutuhan.
Setelah menyiapkan alat-alat tersebut, kita selanjutnya
memeriksa supply listrik dan menentukan kabel mana dan warna apa yang mengisi
jalur lampu depan. Untuk mencari tahu kabel tersebut sobat dapat membuka switch
yang berperan sebagai sakelar untuk menghidupkan lampu kecil [low beam] dan
lampu high beam [high beam].
Pada umumnya untuk sepeda motor honda berwarna kuning,
sepeda motor yamaha berwarna kuning dan suzuki biasanya berwarna kuning dan
putih. Namun untuk lebih pastinya, sobat disarankan untuk konsultasi dengan
bengkel variasi atau bengkel modifikasi yang sudah berpengalaman.
Setelah kita sudah meyakini dan menandai kabel mana yang
menyuplai listrik untuk lampu depan sepeda motor, selanjutnya kita harus
mencari tahu socket yang menghubungkan dari sisi bawah ke lampu besar.
Setelah menemukan socket yang mensuplai listrik ke lampu
besar, mulai lah merubah arus AC ke DC pada tahap ini. Kabel yang sebelumnya
sudah ditandai tadi dapat dilepas dari socket tersebut pada bagian sekunnya
dengan dicongkel menggunakan obeng min. Setelah sekun berhasil terlepas, segera
sambungkan kabel yang yang menuju sakelar on/off lampu ke aki dan dapat juga
dijumper ke kunci kontak.
Lakukan dengan teliti dan jangan sampai salah dalam
menyambung kabel-kabel tersebut karena pada umumnya ada dua kabel dan pilih
yang BIASANYA berwarna hitam untuk sepeda motor honda, kuning dengan garis
oranye untuk sepeda motor suzuki dan merah bergaris hitam untuk sepeda motor
yamaha.
Setelah langkah-langkah diatas selesai dilakukan, sobat
dapat mulai memasang kiprok (bila perlu) dan kabel yang sebelumnya disambungkan
jangan lupa untuk diisolasi untuk menghindari korsleting.
Selanjutnya sobat harus memeriksa voltase yang dihasilkan
apabila ketika lampu led dinyalakan apabila diatas 12.4V maka bisa dipastikan aki
sepeda motor akan awet dan tidak akan
tekor.
selamat mencoba gan...
0 komentar:
Posting Komentar